Project Based Learning
Project-based Learning (PjBL) adalah strategi pengajaran konstruktivis yang melibatkan eksplorasi pengetahuan ketika siswa mengerjakan proyek selama periode waktu yang panjang.
PjBL menawarkan banyak kesempatan belajar bagi siswa untuk berlatih menggunakan target di berbagai tahap konstruktif terutama melalui diskusi kelompok dan kolaborasi dalam menyelesaikan proyek.
Kekuatan PjBL juga sering dikaitkan dengan menumbuhkan keterampilan belajar abad ke-21 seperti pemecahan masalah, pemikiran kritis, pengambilan keputusan, kerja tim dan komunikasi. PjBL juga dapat mendukung keterlibatan siswa dalam hal peningkatan tanggung jawab, kolaborasi, pembelajaran strategis dan motivasi.
PjBL yang mempertimbangkan kerja tim dan keterampilan sosial daripada hanya kinerja akademik yang merupakan sebuah keuntungan bagi siswa yang berprestasi rendah untuk dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan PjBL, karena terdapat penilaian hasil kerja kelompok.
3. Capaian Pembelajaran
1. Kerjasama Tim
2. Memanajemen suatu pekerjaan
3. Kemampuan komunikasi
4. Kemampuan Mengontrol Diri
5. Penyelesaian Masalah
4. Lingkungan Belajar
- Guru Menyajikan Permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan nyata.
- Menyediakan timeline untuk siswa mengerjakan proyek.
Habók, A., & Nagy, J. (2016). In-Service Teachers’ Perceptions of Project-Based Learning. SpringerPlus, 5(1),1-14. https://doi.org/10.1186/s40064-016-1725-4.
Musa, Faridah, Norlaila Mufti, Rozmel Abdul Latiff & Maryam Mohamed Amin. (2012). Project-based learning (PjBL): inculcating soft skills in 21 st century workplace. Elsevier : Social and Behavioral Sciences, Vol. 59 , 565 – 573 .