Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran Kooperatif
Kooperatif berasal dari bahasa Inggris 'cooperative' yang berarti kerja sama. Secara istilah pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran dalam kelompok yang menuntut kerja sama siswa dalam menyelesaikan tugas dan tujuan dan mengharuskan siswa untuk terlibat aktif dalam diskusi, debat, latihan, dan kerja sama tim.
Pembelajaran kooperatif dicirikan dengan :
1. Siswa berkerja dalam tim untuk menguasai tujuan pembelajaran.
2. Tim dibuat heterogen dari siswa yang memiliki prestasi tinggi, sedang, dan rendah. Apabila memungkinkan, termasuk heterogenitas dalam hal ras, budaya, dan jenis kelamin.
3. Terdapat reward atau penghargaan yang berorientasi individu maupun kelompok.
Cooperative Learning : Type Jigsaw
1. Teori
Strategi jigsaw adalah strategi belajar-mengajar yang mempromosikan motivasi dalam belajar, sikap positif, dan mengembangkan keterampilan interpersonal dan meningkatkan prestasi siswa.
Strategi kooperatif Jigsaw adalah salah satunya, yang memberi banyak penekanan pada pemberian kesempatan kepada siswa saling membantu membangun pemahaman. Strategi ini menugaskan siswa ke kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari berbagai tingkat keterampilan. Setiap anggota kelompok bertanggung jawab untuk menjadi "Pakar" pada satu bagian dari materi yang ditugaskan dan kemudian mengajarkannya kepada anggota tim lainnya. Siswa belajar paling baik ketika mereka terlibat aktif dalam proses tersebut.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa terlepas dari materi pelajaran, siswa yang bekerja dalam kelompok kecil cenderung untuk belajar lebih banyak tentang apa yang diajarkan dan mempertahankannya lebih lama daripada ketika konten yang sama ditentukan dengan cara instruksional.
3. Hasil Belajar
- Meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri.
- Meningkatkan kinerja dan meningkatkan kesukaan belajar dan antusiasme mereka tentang pembelajaran.
- Siswa menjadi aktif dalam kegiatan kelas dan pelajaran.
- Keterampilan mendengarkan, berbicara, kerja sama, refleksi dan pemecahan masalah.
4. Lingkungan Belajar
- Guru menyiapkan materi yang mempunyai beberapa sub materi.
- Siswa bekerja dalam kelompok, terdapat dua kelompok yang dibentuk yaitu kelompok asal dan kelompok ahli.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. United State: McGraw-hill.
Aronson & Patnoe. (2011). Official website for jigsaws Classroom Method. Website With construction with Instruction at: http//www.jigsaw.org.