Pembelajaran Inkuiri

Pembelajaran Inkuiri


1. Teori yang mendasari

Inkuiri berasal dari bahasa inggris “inquiry” yang berarti proses bertanya, mencari tahu jawaban terhadap pertanyaan ilmiah, atau penyelidikan. Schmidt (2003) menyatakan bahwa Inkuiri adalah suatu proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi atau eksperimen guna mencari jawaban dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis. Penelitian Wardani dan Yustitia (2017) menambahkan bahwa model Inkuiri dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis, sehingga Inkuiri dapat melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi

Teori belajar yang mendasari pembelajaran Inkuiri adalah teori belajar konstruktivis yang membuat siswa membangun sendiri pengetahuannya melalui proses Inkuiri. Teori lain yang mendasari adalah kolaboratif yang berpusat pada interaksi dalam kelompok siswa yang dihadapkan pada suatu persoalan dengan mencari jawaban yang mengacu pada prosedur dan struktur kelompok yang digariskan secara jelas (Hamalik, 1991).


2. Sintaks

Terdapat enam fase dalam pembelajaran Inkuiri (Eggen Kauchak) :


3. Hasil Belajar

Dari segi kognitif, siswa dapat memahami bidang khusus dari materi pelajaran, mengembangkan keterampilan proses sains, mengembangkan kemampuan bertanya, memecahkan masalah, dan melakukan percobaan, menerapkan pengetahuan dalam situasi baru yang berbeda, mengevaluasi dan mensintesis informasi, ide, dan masalah baru, serta memperkuat keterampilan berpikir kritis.

Secara sosial, siswa dilatih untuk menumbuhkan sikap percaya diri (self belief)


4. Lingkungan Belajar

Lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran model Inkuiri sebagai berikut.
  • Aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan
  • Aktivitas pembelajaran biasanya dilakukan melalui proses tanya jawab antara guru dan siswa. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam menggunakan teknik bertanya merupakan syarat utama dalam melakukan pembelajaran inkuiri
  • Keterbukaan

5. Ilustrasi Pembelajaran








Daftar Pustaka

Eggen. P dan Kauchak. D., (2012). Strategi dan Model Pembelajaran (terjemahan) edisi keenam. Jakarta : Penerbit Indeks. hal. 5-8.

Hamalik, O. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru.

Lahadisi, 2014. Inkuiri: Sebuah Strategi menuju Pembelajaran Bermakna. Al-Ta'dib, Vol. 7 (2), hal. 85-98.