Concept Attainment Model
Pencapaian konsep (Concept attainment) adalah proses mendefinisikan konsep dengan menentukan atribut yang penting, sehingga dapat membedakan antara apa yang merupakan contoh konsep dan apa yang bukan contoh dari konsep. Model pencapaian konsep dirancang untuk mengajarkan konsep dan membantu siswa menjadi lebih efisien dalam belajar dan menciptakan konsep dan efektif dalam mendefinisikan, memahami, menerapkan, dan menggunakan konsep.
Model Pencapaian Konsep sangat berguna dalam mengajarkan konsep melalui penalaran induktif. Konsep sulit yang berbeda dari berbagai disiplin ilmu dapat dipelajari dengan mudah oleh pelajar dengan bantuan Model Pencapaian Konsep. Konsep yang terbentuk di benak siswa dapat dipertahankan oleh mereka dalam pikiran untuk waktu yang lama. Model Pencapaian Konsep membantu siswa untuk bekerja bersama dalam kelompok kooperatif untuk menyajikan informasi. Model ini membantu siswa memperhatikan detail ketika mengatur informasi mereka. Siswa dapat berpikiran terbuka terhadap pemikiran dan ide orang lain melalui kerja kelompok mereka.
3. Hasil Belajar
1. Memahami konsep spesifik : Siswa dapat memahami suatu konsep secara spesifik berdasarkan ciri yang diidentifikasi sehingga akan dapat masuk ke penyimpanan informasi jangka panjang
2. Penalaran secara induktif : penalaran yang berasal dari konsep khusus ke konsep yang umum
3. Penalaran logis dalam komunikasi : komunikasi yang disampaikan siswa berdasarkan pemikiran yang logis dan data konkrit
4. Lingkungan Belajar
- Guru menyediakan konsep yang berupa contoh dan noncontoh sebagai perbandingan konsep yang akan diskusikan siswa
- Guru mengkondisikan siswa untuk aktif berdiskusi tentang konsep yang disajikan
- Guru menyediakan media berupa gambar ataupun benda asli yang berkaitan dengan konsep yang didiskusikan
Angraini, L. M., Kartasasmita B., & Dasari D. (2017). The Effect of Concept Attainment Model on Mathematically Critical Thinking Ability of The University Students. Journal IOP of Physics: Conf. Series, 812.
Joyce, B., and Weil, M. (2007). Models of teaching. New Delhi: Prentice- Hall of India.
Kaur, Rajwinder. (2017). Study The Effectiveness Of Concept Attainment Model Of Teaching On Achievement Of Secondary School Students In Chemistry. Scholarly Research Journal for Humanity Science & English Language, Vol. 5 (25), 6858-6863.