Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)
1. Teori
- Salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah GROUP INVESTIGATION (GI)/Investigasi kelompok. Model pembelajaran ini melibatkan siswa dalam menentukan sendiri topik masalah sekaligus langkah-langkah penyelesaiannya. Penelitian Komala, dkk (2020) menyatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe GI dapat diterapkan untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi karena melibatkan siswa dalam upaya penyelesaian masalah.
- Seperti tipe pembelajaran kooperatif lain, GI didasari oleh teori belajar konstruktivisme, yang menekankan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri mealui interaksi sosial dengan siswa lain. Model ini juga berlandaskan pada teori belajar Vygotsky bahwa interaksi sosial merupakan sebuah mekanisme untuk mendukung perkembangan kognitif. Hal yang menjadi karakteristik khas GI dan membedakannya dengan model pembelajaran kooperatif lain adalah kelompok dapat dibentuk secara homogen. Siswa dengan ketertaikan yang sama bergabung dalam satu kelompok untuk menyelesaikan topik yang mereka tentukan sendiri. Hal ini berbeda dengan model kooperatif lain dimana kelompok dibentuk secara heterogen.
- Dalam pembelajaran GI, siswa dibagi ke dalam kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang untuk saling bekerja sama menyelesaikan tugas/topik tertentu.
2. Hasil Belajar
Melalui kegiatan pembelajaran GI, siswa dapat
- Mencapai hasil belajar akademik.
- Mengembangkan keterampilan sosial, misalnya kemampuan berinteraksi dan komunikasi, percaya diri, dan tanggung jawab.
3. Hasil Belajar
Melalui kegiatan pembelajaran GI, siswa dapat - Siswa diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri topik masalah yang akan diinvestigasi asalkan masih dalam rumpun topik/materi yang sedang dipelajari.
- Guru melibatkan siswa secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran, mulai dari memilih topik penyelidikan, prosedur pelaksanaan, dan evaluasinya.
Melalui kegiatan pembelajaran GI, siswa dapat
- Siswa diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri topik masalah yang akan diinvestigasi asalkan masih dalam rumpun topik/materi yang sedang dipelajari.
- Guru melibatkan siswa secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran, mulai dari memilih topik penyelidikan, prosedur pelaksanaan, dan evaluasinya.
4. Sintaks
5. Lingkungan Belajar
- Siswa diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri topik masalah yang akan diinvestigasi asalkan masih dalam rumpun topik/materi yang sedang dipelajari.
- Guru melibatkan siswa secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran, mulai dari memilih topik penyelidikan, prosedur pelaksanaan, dan evaluasinya.
6. Lingkungan Belajar
7. Daftar Pustaka
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw Hill Companies, Inc.
Komala, R., Dzikrina, P. L., dan Ilmi, Z. I. (2020). Group Investigation Model in Environmental Learning: An Effect for Students’ Higher Order Thinking Skills. Universal Journal of Educational Research, 8 (4A): 9-14.